Sabtu, 06 April 2013

Ayla dan Agya 75 Juta Mobil Murah Astra-Daihatsu-Toyota

Pasar mobil Indonesia mulai diramaikan dengan kehadiran mobil ramah lingkungan berkonsep Low Cost Green Car (LCGC). Dalam ajang pameran Indonesia International Motor Show IIMS 2012 yang digelar di Jakarta selama 3 hari tersebut, Astra Daihatsu Ayla dan Toyota Astra Agyla paling banyak menyedot perhatian pengunjung pameran. 

Agya dan Ayla adalah mobil yang asli hasil karya anak bangsa Indonesia, mulai dari desain , komponen, dan nama Indonesia pula tentunya.  Agya berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti 'Cepat', sedangkan Ayla berarti Cahaya.

Berapa harga mobil Ayla dan Agya ini? Dikutip dari KompasOtomotif dan bisnis.com, belum bisa dipastikan berapa harga pasti dari kedua mobil ini. Namun jika menilik dari janji pemerintah, Kementerian Perindustrian, kedua mobil ini bisa dipastikan tidak sampai lebih dari Rp 100 juta / US$ 10.000, karena mendapatkan subsidi insentif. Varian termurah dari Daihatsu Ayla yang memiliki spesifikasi terendah yakni yang tidak memiliki Air Conditioner (AC) dan power steering serta air bag, dibanderol seharga Rp75 juta

harga mobil agya, daihatsu ayla agya, mobil ayla, mobil ayga

Dari informasi yang dihimpun, Daihatsu Ayla bisa diinden dengan harga 1 juta, sedangkan harga booking fee untuk Toyota Agya adalah sebesar Rp 5 juta. Daihatsu Ayla sendiri, selama 3 hari pameran tersebut laku terjual 40 unit.

harga mobil, harga mobil ayla, toyota agya

Berikut spesifikasi mesin dan fitir Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Pada dasarnya Ayla dan Agya adalah mobil kembar, namun berbeda produsen yaitu antara Daihatsu dan Toyota, namun masih sama-sama dalam satu grup yaitu Astra.
  • Dengan kapasitas mesin  yang digunakan berkapasitas asli 989 cc, berteknologi DOHC, tetapi belum VVT-i. Kemampuan menghasilkan tenaga 65PS (48 kW) @6.000 rpm dan torsi 8,7 kgm (85 Nm) @3.600 rpm.
  • Ukuran panjang 3.580 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.730 mm, terkecil dikelasnya dibanding Mitsubishi Mirage, Honda Biro, ataupun Nissan March.
    pembaruan yang dilakukan terhadap mesin, kalau biasanya menggunakan blok dari besi cor, sekarang mesin Ayla berbahan aluminium. Tutup kepala silinder juga diganti dari aluminium, dan kini dengan resin-plastik, sehingga bobot mesin turun 10 kg
  • Transmisi otomatis 4 percepatan

Type mobil Ayla dan Agya

Untuk mobil Ayla belum diketahui secara pasti, mengingat masih menunggu regulasi dari pemerintah, namun untuk Toyota agya memiliki 3 varian jenis:
  • Agya TRD-S
  • Agya  High-Grade (G)
  • Agya  Medium-Grade (E).
Berikut data lengkap detil dan spesifikasi mesin agya dan Ayla

harga mobil ayla, fitur mobil agya, toyota agyla, daihatsu ayla, mesin agya,

Kekurangan dan kelebihan Mobil Ayla dan Agya

Kelemahan Ayla dan Agya

  • Mobil Ayla dan Agya yang berukuran 1000 cc, otomatis tenaga yang dihasilkan juga kecil yaitu hanya sekitar 65 PS
  • Jelas ini adalah mobil keluarga, jadi untuk akselerasi dirasa cukup lambat, butuh waktu 14 detik untuk mencapai limit 100Km/jam
  • Untuk Ayla yang harganya Rp 75 juta tidak memiliki  AC dan Airbag. 

Kelebihan

  • Dari sisi harga, murah dibanding mobil sekelasnya (lihat tabel di atas) dan irit bahan bakar.
  • Walaupun sebagian besar komponen dan desain asli Indonesia, namun Ayla dan Agya bukan sembarang mobil, karena membutuhkan waktu 3 tahun dalam rancang bangunnya. 
  • Ayla dan Agya ada di bawah naungan Daihatsu dan Toyota, mereka berani memasarkan mobil ini karena memang berkualitas.
  • Kapasitas penumpang 5 orang, cocok untuk satu keluarga.
Mungkinkah Si kembar Ayla dan agya ini mampu menguasai mobil murah Indonesia?

Sumber: http://julak-net.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar