Sabtu, 11 Mei 2013

Nyaris Bangkrut, General Motor Kembali Jadi Industri Otomotif No. 1 di Dunia

"Apa yang sebenarnya terjadi adalah pergeseran bersejarah di bisnis mobil."


Logo General Motors

VIVAnews - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, General Motors Co, kembali menyalip Toyota Motor Co sebagai produsen mobil terbesar dunia.

Kembali berjayanya GM ini tak hanya sebatas isu recall pada tahun 2010 lalu dan gempa Jepang pada awal tahun 2011. "Apa yang sebenarnya terjadi adalah pergeseran bersejarah di bisnis mobil," kata Profesor Harvard Business School Willy Shih, seperti dikutip Autonews, (Jumat 11 November 2011).

Menurut dia, tahun 2011 GM bisa merebut kembali sebagai perusahaan pembuat mobil terbesar No 1 dunia. Gelar yang diambil Toyota pada 2008 setelah raksasa asal Detroit ini mengarah ke kebangkrutan.

Dengan penjualan 6,790 juta unit hingga September tahun 2011, GM memimpin Toyota dengan 1 juta kendaraan di atasnya. Produsen asal Jerman, Volkswagen AG, mengejutkan di posisi kedua dengan penjualan 6,170 juta kendaraan pada tahun 2011.

Kebangkitan GM dalam jangka pendek sepertinya menjadi takdir Toyota tak bisa berlama-lama mengambil kekuasaan dari yang tua. Kemenangan yang berlangsung tiga tahun, memberikan cara pertempuran sengit yang kini meliputi VW.

"Ini pemulihan yang luar biasa mengingat kondisi GM pada tahun 2009 (yang sangat kritis)," kata Shih. "GM kehilangan satu generasi pelanggan. Butuh sebuah prestasi untuk memenangkan kembali pertarungan ini."

GM mengatakan penjualan global telah meningkat 9,2 persen pada tahun 2011 dan telah menghasilkan pendapatan tertinggi sepanjang lebih dari 20 tahun. Produsen mobil yang berbasis Detroit ini membukukan pendapatan US$ 6,17 miliar pada tahun 2010 dan meningkat menjadi US$8,47 miliar dalam sembilan bulan pertama tahun 2011. (eh)


Captiva Masih Jadi Andalan GM Indonesia

Chevrolet Captiva menyumbang 49 persen penjualan sepanjang Januari-September 2011.




Sumber: http://otomotif.news.viva.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar