Rabu, 15 Mei 2013

Penjualan Avanza Tembus 1,1 Juta Unit


Tampilan Eksterior Toyota Avanza Veloz (depan-kiri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penjualan Toyota Avanza yang diproduksi PT Toyota Astra Motor (TAM) menembus satu juta unit sepanjang sembilan tahun terakhir dalam pasar otomotif nasional.

"Kami bersyukur Toyota Avanza dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, sehingga mobil ini berhasil meraih pencapaian penjualan 1,1 juta unit, tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga mancanegara," kata Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan saat peluncuran New Toyota Avanza dan New Toyota Avanza Veloz di Jakarta, Rabu (15/5).


Tampilan Eksterior Toyota Avanza Veloz (belakang-kanan)

Johnny menyebut sejak pertama diluncurkan hingga April 2013, penjualan Toyota Avanza mencapai 1.133.203 unit, yakni 963.373 unit di pasar domestik dan 169.830 di pasar mancanegara.

Toyota mencatat penjualan tertingginya, pada 2012 yakni sebanyak 192.146 unit.

Depresiasi rata-rata per tahun Toyota Avanza dari 2008-2012 mencapai 5,3%.

Tampilan Interior/Dasboard Toyota Avanza

Dia mengatakan Toyota Avanza juga akan menggelar Avanzanation yang kelima tahun 2013 sebagai apresiasi terhadap masyarakat.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia berkat dukungan dan kepercayaan sehingga kami mampu meraih pencapaian ini," katanya. (Ant)

Editor: Basuki Eka Purnama

=================================

Mulai Saat Ini Semua Toyota Avanza Baru Memiliki Dual Airbags

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk menjawab keinginan konsumen serta dilatarbelakangi kondisi lalu lintas perkotaan yang kian padat dan rawan terjadi kecelakaan, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Avanza dengan tambahan perangkat keselamatan standar berupa kantung udara ganda.

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan di acara peluncuran Toyota New Avanza di The Ballroom Four Seasons Hotel, Jakarta, Rabu (15/5). Menurutnya New Avanza kini seluruhnya telah dibekali dengan kantung udara di bagian pengemudi dan penumpang depan sehingga sesuai dengan standar keselamatan global.


Selain dual airbags, New Toyota Avanza dan New Avanza Veloz juga dilengkapi dengan fitur keselamatan lebih lengkap dengan hadirnya front seatbelt pretensioner/force limiter (PT/FL), driver seatbelt warning, sliding brake pedal, dan knee bolster (bantalan lutut) untuk pengemudi.

TAM juga tidak hanya menyematkan fitur keselamatan yang lebih lengkap, tetapi juga telah melakukan penyempurnaan untuk meingkatkan unsur kenyamanannya melalui penambahan peredam suara (Noise-Vibration-Harshness/NVH) sehingga suasana di dalam kabin lebih senyap dari sebelumnya.

Selain itu, Toyota juga telah merancang ulang seat dan trim dengan new back cushion yang lebih tebal, dan head rest model saddle type di baris kedua di semua grade. Interior juga telah mengalami refreshment dan penambahan ornamen sehingga tampilannya lebih menarik.

"Melanjutkan tradisi improvement Toyota untuk selalu memberikan yang terbaik, kini kami melakukan penyegaran dengan menghadirkan New Toyota Avanza dan New Toyota Avanza Veloz dalam segi keselamatan (safety) dan kenyamanan untuk mempertahankan total best ownership experience pada pelanggan," ujar Johnny.

"Berkat masukan dari konsumen dan Anda sekalian (wartawan) kini Toyota Avanza sudah mendekati sempurna," ujar Johnny Darmawan. "Memang belum sempurna, tapi telah mendekati sempurna," tegasnya.

Menurut Johnny Avanza lahir berkat keinginan masyarakat yang membutuhkan sebuah MPV terjangkau untuk menggantikan Kijang Innova yang harganya dianggap sudah terlalu mahal. Desainnya pun disesuaikan 'taste' dan kebutuhan masyarakat dengan spesifikasi yang khusus untuk kondisi jalan Indonesia.

"Oleh karena itu spesifikasinya aneh dan tidak ada duanya di dunia," ungkap Johnny.

Dengan panambahan sejumlah fitur yang menambah unsur keselamatan dan kenyamanan berkendara, pihak TAM terpaksa menaikkan banderol harga New Avanza Rp3 juta. "Seharusnya penambahan harganya bisa lebih mahal antara lima hingga enam juta, tetapi kami hanya naik tiga juta,"

Johnny menjelaskan bahwa hal itu dilakukan sebagai bagian dari kampanye keselamatan, maka harga penambahan perangkat tersebut tidak dibanderol oleh Toyota secara penuh. Ia juga mengungkapkan bahwa rencananya, antara Agustus hingga September nanti, fitur kantung udara ini sudah ada di seluruh produk Toyota yang ada di Indonesia.

Editor: Nurtjahyadi

=================================

Toyota Ukir Penjualan Bulan April 2013 Sebanyak 39.668 Unit

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Toyota Astra Motor membukukan total penjualan 39.668 unit pada April 2013. Ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang tahun ini. Penjualan bulan lalu tumbuh sekitar 21,2% dibandingkan dengan Maret 2013 sebanyak 32.726 unit.

Dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2012, penjualan Toyota tumbuh 15,8%. Dalam kurun 4 bulan pertama 2013, Toyota sudah membukukan total penjualan 143.635 unit atau tumbuh 10,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 130.317 unit.

General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati, menyambut baik pertumbuhan penjualan Toyota pada April lalu, yang tercatat sebagai penjualan tertinggi sepanjang 2013.


"Kami bersyukur atas hasil yang diraih pada April 2013. Tidak hanya membukukan peningkatan penjualan secara total, namun sejumlah line up produk juga mencatatkan tren pertumbuhan positif. Apa yang diraih pada bulan lalu, tentu tidak lepas dari kepercayaan dan kesetiaan pelanggan terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota," ujar Widyawati, hari ini.

Pada bulan lalu, segmen kendaraan penumpang membukukan total 36.746 unit atau tumbuh 26,8% dibandingkan dengan Maret 2013. Pencapaian bulan lalu adalah berkat pertumbuhan sejumlah segmen, antara lain compact car, MPV, dan SUV.

Di segmen compact car, Toyota membukukan pertumbuhan pada April 2013 sebesar 54,7% dengan total 5.488 unit, berkat kontribusi dari Etios Valco sebanyak 2.719 unit, serta Yaris sebanyak 2.768 unit.

Di segmen MPV, Avanza kembali menunjukkan performa terbaiknya, dengan menembus angka 19.798 unit atau tumbuh 38,1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Adapun, line up di segmen MPV lainnya, Kijang Innova membukukan penjualan 5.056 unit dan NAV1 sebanyak 331 unit.

Sementara itu, di segmen SUV Toyota membukukan total penjualan 5.080 unit, dengan pertumbuhan 22,2%, berkat kontribusi penjualan Rush sebanyak 2.998 unit, serta Fortuner (4x2) sebanyak 2.082 unit.

Kelas lainnya di segmen kendaraan penumpang jenis sedan, membukukan total 823 unit. The All New Vios yang baru diluncurkan pada awal Mei 2013 ini, diyakini akan dapat mendongkrak kembali performa Toyota di segmen tersebut.

Di lain pihak, segmen kendaraan komersial Toyota membukukan total penjualan 2.922 unit, berkat penjualan pikap sebanyak 1.328 unit, kendaraan 2 ton sebanyak 1.450 unit, serta commercial van sebanyak 144 unit. (RO)

Sumber: http://www.metrotvnews.com/otomotif/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar