Sabtu, 23 Maret 2013

Prinsip Hidup Soeharto

Soeharto hidup dengan memegang falsafah jawa. Dia selalu merenungi nasihat-nasihat yang kemudian dijadikannya prinsip hidup. Diresapinya dan dijadikan tuntunan bagi perjalanan untuk kesuksesan dalam hidup.


2 Prinsip Hidup Sukses Soeharto

1. Aja Kagetan, Aja Gumunan dan Aja Dumeh
Pada masa kecilnya dibawah bimbingan ayah tirinya Atmopawiro. Soeharto mulai mengenal falsafah jawa. Saat itu pula soeharto mengenal ajaran " tiga " aja Aja Kagetan, Aja Gumunan dan Aja Dumeh.
Artinya kira-kira : Jangan kagetan , jangan heran dan jangan mentang-mentang. Hal ini diresapi betul oleh pak harto." Ini kelak jadi penegak diri saya dalam menghadapi soal-soal mengguncangkan diri saya "
Inti Ajaran ini mengandung maksud menanamkan rasa sabar , tenang dan tidak sombong. Bila orang ingin berhasil dalam kehidupan bermasyarakat. Keyakinan pada diri sendiri harus dipupuk dan dibina .  Jangan sombong saat di amanahi jabatan.

2.Mikul Dhuwur , Mendem Jero
Mikul Dhuwur , mendem jero artinya menjunjung tinggi - tinggi , membenam dalam-dalam. Pribahasa ini mengajarkan cara anak berbakti pada orangtuanya. Seorang anak harus benar-benar menjaga nama baik orang tuanya , serta saja-jasanya. Harus dijaga dan jangan sampai di nodainya.
Sebaliknya bila ada kesalahan orang tua , anak jangan mengungkit-ngungkit lebih baik di maafkan.Anak jaga harus meperlakukan orang tua dengan baik semasa hidup dan ketika sudah meninggal .

Sebenarnya ada 5 prinsip hidup sukses Soeharto namun aku sangat tertarik dengan kedua prinsip ini karena sarat akan makna.

Sumber: http://duniaradioku.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar