Senin, 06 Mei 2013

Arti Kode Angka pada Ban Mobil dan Velg yang Digunakan


Velg dan Ban merupakan komponen yang tidak terpisahkan saat kita ingin mendandani mobil kesayangan. Keduanya memiliki motif dan desain yang sangat beragam sehingga harus pandai-pandai memadupadankan dengan style kendaraan.

Dalam memilih kedua komponen ini, kita harus mempertimbangkan tujuannya. Apakah untuk keperluan harian, kompetisi atau untuk kontes sebagai carshow. Semuanya harus serasi karena secara tidak langsung menunjukkan jati diri pemiliknya.

Pabrikan mobil umumnya memasangkan ban pada mobil produksinya dengan velek dan ban OEM (Original Equipment Manufacturer) sesuai dengan karakter mobil. Untuk mobil yang diproduksi masal biasanya menggunakan ban yang lebih ditujukan untuk kenyamanan.

Selain menjunjung tinggi faktor kenyamanan, pemilihan pada mobil ban standar juga memperhatikan faktor keselamatan dan faktor keawetan komponen kendaraan. Oleh karena itu kendaraan yang dijual dibekali ban yang berprofil tebal.

Berbeda dengan kendaraan-kendaraan sekelas Ferrari, Lamborghini, Porsche dan kendaraan eksotis lainnya yang dibuat untuk tujuan performa dan gaya hidup. Oleh karena itu ban dan velek yang digunakanpun rata-rata berukuran diameter besar dengan ban berprofil rendah alias ban tipis.

Ban dengan spesifikasi tersebut ditujukan untuk mendapatkan traksi, akselerasi serta kelincahan bermanuver dengan faktor safety yang sangat tinggi untuk mengimbangi kemampuan kendaraan yang bersangkutan.

Karena Faktor kenyamanan berada pada urutan kesekian, maka jangan harap Anda mendapatkan kenyamanan pada kendaraan-kendaraan eksotis yang kami sebutkan di atas. Dan meskipun demikian kita tidak bisa menampik kalau kendaraan eksotis tadi sangat indah dipandang.

Karena umumnya kendaraan dengan velek besar ini digunakan pada mobil-mobil 'mahal' itulah maka banyak para pemilik kendaraan menaikkan ukuran ban dan veleknya agar setidaknya mendekati tampilan mobil-mobil sport eksotis tersebut.

Namun sebelum melaksanakan niat itu, sebaiknya pahami dulu kode-kode yang ada pada ban. Dan yang perlu diperhatikan saat Anda ingin menaikkan diameter roda mobil kesayangan Anda, sebaiknya tidak lebih dari dua inci lebih besar dari ukuran standar OEM. Itu kalau Anda masih peduli faktor kenyamanannya.

Misalnya jika mobil Anda saat ini menggunakan velek ukuran 16 inci, maka sebaiknya Anda melakukan pembesaran tidak lebih dari plus dua (+2) yaitu 18 inci.

Kode-kode pada Ban

Misalnya ban berkode 215/65R15 89H. Angka '215' adalah lebar telapak ban dalam satuan ukuran milimeter. '65' (Aspek Rasio), adalah rasio/perbandingan antara ketebalan profil ban dengan lebar telapak ban. Angka 65 di sini mengisyaratkan tinggi/tebal ban adalah 65% dari lebar telapak ban.

'R' (konstruksi), adalah pola jalinan benang/kawat yang memperkuat konstruksi ban. 'R' di sini berarti ban tersebut memiliki pola jalinan berpola radial. Jika 'B' berarti ban tersebut mempunyai konstruksi sabuk bias (bias belted). Untuk 'D' maka berarti konstruksinya adalah bias diagonal (diagonal bias).

Angka 15 berikutnya adalah ukuran diameter rim/velek dalam satuan inci dan angka '89' mengisyaratkan beban maksimal (load index) yang diizinkan pada ban bersangkutan. Sesuai dengan standar industri ban maka kode tersebut memiliki kapasitas beban maksimal sebesar 580 kilogram di tiap ban.

Tabel load Index/ beban maksimal yang diizinkan:

 86=530kg
 87=545kg
 88=560kg
 89=580kg
 90=600kg
 91=615kg
 92=630kg
 93=650kg
 94=670kg dan seterusnya.

Huruf "H' terakhir merupakan indikator kecepatan maksimal.

Tabel indikator kecepatan maksimal yang diizinkan:

 G=  90km/jam
 H= 210km/jam
 J= 100km/jam
 K= 110km/jam
 L= 120km/jam
 M= 130km/jam
 N= 140km/jam
 P= 150km/jam
 Q= 160km/jam
 R= 170km/jam
 S= 180km/jam
 T= 190km/jam
 U= 200km/jam
 V= 240km/jam
 W= 270km/jam
 Y= 300km/jam

Jadi ban berkode 215/65R15 89H adalah ban dengan lebar telapak 215mm, ketebalan ban dengan aspek rasio 65% x 215(mm) = 129(mm), berjenis radial dengan ukuran velek berdiameter 15 inci, mampu dibebani seberat 580 kg dengan batas kecepatan aman maksimal 210 km/jam.

Ada perbedaan kode simbol batas kecepatan pada sistem Eropa generasi lawas yang diberi kode 215/65 HR15 yang berarti lebar telapak 215 mm/aspek rasio 65, kecepatan maksimal 210 km/jam, jenis radial dan rim 15 inci.

 TR=100 Km/jam.
 HR=210 Km/jam.
 VR=260 km/jam
 ZR=340 km/jam.

Tulisan 'DOT' pada dinding ban, berarti ban tersebut telah memenuhi standar persyaratan dari Departement of Transportation (DOT) Amerika Serikat berdasarkan sistem Uniform Tire Quality System (UTQG) atau tiga jenis kemampuan/tingkatan ban, yaitu keawetan/jarak tempuh, daya cengkeram dan daya tahan terhadap temperatur.

Inflation Pressures/Tekanan angin adalah batas maksimum yang diperbolehkan, tetapi belum tentu sesuai untuk jenis mobil Anda. Pakailah selalu tekanan angin yang dianjurkan produsen mobil yang dapat dilihat pada buku petunjuk/manual book.

Di samping kode-kode di atas, ada kode lainnya yang tak kalah penting. Dalam dunia off-road kerap kita mendengar ban berukuran 31 ban 33 dan lain sebagainya. Untuk ban off-road biasanya menggunakan kode sederhana seperti 31 x 10.50 R 15 6PR.

Angka 31 adalah ukuran paling luar diameter ban dalam satuan inci, sementara 10.50 merupakan ukuran lebar ban dalam satuan inci, R adalah jenis ban Radial dan 6PR adalah 6 Ply Rating yaitu jumlah lapisan pola jalinan kawat atau benang di dalam ban yang dalam hal ini maksudnya 6 lapisan. 
Kode-kode pada Velek

Bahasa velek umumnya lebih sederhana dibanding bahasa ban. Sebagai contoh: Sebuah velek tertera kode 7 1/2 (7.5) x 17 kemudian 4/114.3 dan ET +40.

Angka 7.5 pada rangkaian kode 7.5 x 17 merupakan lebar velek dalam satuan inci sementara angka 17 merupakan diameter velek dalam satuan inci. Arti angka 7.5 x 17 berarti velek memiliki lebar 7,5 inci dengan diameter 17 inci.

Rangkaian kode 4/114.3 merupakan kode untuk menunjukkan jumlah baut yaitu 4 baut dan 114.3 merupakan kode untuk PCD (Pitch Circle Diameter) yaitu diameter pola lingkaran posisi baut dalam satuan milimeter. Jadi jika ada kode 5/112, berarti velek tersebut memiliki 5 lubang baut dengan PCD 112 mm.

Kode ET merupakan ukuran offset velek. Velek memiliki dua bibir yaitu bibir luar dan bibir dalam. Jika dudukan baut velek berada tepat di tengah-tengah antara bibir luar dan bibir dalam (centerline) berarti velek memiliki offset 0.

Posisi dudukan baut velek semakin ke arah luar berarti velek memiliki offset positif demikian pula sebaliknya jika posisi dudukan roda cenderung lebih ke arah dalam berarti negatif. Jadi jika pada velek tertulis ET +40 itu artinya posisi dudukan baut roda pada velek bergeser ke luar sejauh 40 mm.

Umumnya pemilik kendaraan jarang malakukan kesalahan dalam memilih ukuran ban dan velek serta ukuran PCD. Akan tetapi pemilik kerap lalai mengukur offset-nya hingga baru diketahui setelah ban dan velek siap dipasang atau bahkan setelah dipasang pada kendaraan.

Kebanyakan problem yang timbul adalah mentoknya ban dengan komponen bodi kendaraan seperti pada bibir spakbor atau fender, piring dudukan pegas suspensi atau dinding apron maupun dinding rumah roda akibat melupakan faktor offset.

Kalau sudah begini, biasanya pemilik menyiasatinya dengan menambahkan spacer agar ban tidak mentok. Namun perlu diingat bahwa penggunaan spacer membuat velek memiliki potensi bergeser dari posisinya karena tumpuan velek hanya bergantung pada ikatan baut-baut roda.

Seharusnya velek menempel sempurna pada dudukan roda dan tertahan oleh tonjolan poros roda agar posisi roda tetap center pada dudukannya.

Yang tidak kalah pentingnya saat memasang velek, perhatikan lubang tengah velek dan tonjolan pada dudukan velek. Idealnya antara lubang tengah pada velek dan tonjolan hub roda harus masuk secara presisi. Jika Ada celah, sebaiknya Anda meminta ring tambahan untuk di pasang pada center hub roda untuk membantu velek tetap center terhadap poros roda.

Sumber: http://rodaoffroad.blogspot.com/

Sabtu, 04 Mei 2013

Daftar Kenaikan Gaji PNS PP 22 Tahun 2013

Daftar Kenaikan Gaji PNS PP 22 Tahun 2013. Seiring dengan dicanangkannya gerakan reformasi birokrasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik di pusat maupun daerah, maka Pemerintah telah memberikan kompensasi yaitu berupa Tunjangan Kinerja atau yang lebih dikenal dengan istilah Remunerasi PNS.

Sebagian PNS telah menerima tunjangan kinerja tersebut bahkan di jajaran Kementerian Keuangan tunjangan kinerja/remunerasi ini telah diterima jauh sebelum Kementerian/LPNK lain menerimanya.  Sementara itu Kementerian/LPNK lainnya baru akan menerima tunjangan kinerja ini setelah diterbitkannya Perpres Remunerasi yang ditandatangani oleh Presiden.



Selain tunjangan kinerja/remunerasi PNS Pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Pemerintah  Tentang Perubahan Kelima Belas Atas PP No. 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil yaitu menjadi PP 22 Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 April 2013. 

Diterbitkannya PP 22 Tahun 2013 ini bertujuan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan  Pegawai Negeri Sipil. Kenaikan gaji PNS ini mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2013 sebagaimana tertuang dalam Pasal II PP 22 Tahun 2013 ini.
Besaran kenaikan gaji PNS ini kisaran 16 s/d 17 % dari gaji lama. Gaji pokok terendah untuk PNS golongan I a dengan masa kerja 0 tahun adalah sebesar Rp. 1.323.000,- sedangkan gaji pokok tertinggi untuk PNS golongan IV e dengan dengan masa kerja selama 32 tahun adalah sebesar Rp. 5.002.000,- 

Selanjutnya Daftar Kenaikan Gaji PNS PP 22 Tahun 2013 dapat dilihat pada tabel berikut :

Golongan I

Golongan II

Golongan III

Golongan IV

Tabel Lengkap

Bagi Anda yang ingin mendownload secara lengkap PP 22 Tahun 2013 silakan klik link berikut ini Download PNS PP 22 Tahun 2013  format PDF.

Demikian info mengenai Daftar Kenaikan Gaji PNS PP 22 Tahun 2013 semoga bermanfaat.
 
Sumber: http://www.infonews.web.id/ 

Jumat, 03 Mei 2013

Ini Alasan Susno Duadji Menyerahkan Diri

Susno Duadji (Foto: Dok.Okezone)

Ini Alasan Susno Duadji Menyerahkan Diri

JAKARTA - Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (Purn) Susno Duadji akhirnya menyerahkan diri kepada Kejaksaan. Susno lebih memilih menyerahkan diri demi menjaga tegaknya hukum dan kasus ini tidak semakin berlarut-larut.

"Karena tujuannya untuk menarik perhatian komponen bangsa atas ketidakadilan dan penegakan hukum yang arogan sudah tercapai," ujar Susno sebagaimana disampaikan Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, kepada Okezone, di Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Yusril menambahkan, dalam pesannya, Susno juga mengatakan, bahwa penyerahan dirinya merupakan panggilan hati tanpa adanya intimidasi atau tekanan apa pun.

"Bahwa pesan sudah didengar segenap komponen bangsa walaupun tindak lanjut memerlukan waktu, dan hasilnya juga perlu waktu, maka agar masalah tidak berlarut menjadi pro kontra maka malam ini saya (Susno) ambil langkah simpatik datang ke Lapas Cibinong minta untuk dieksekusi walaupun dasar hukumnya salah," papar Yusril menirukan perkataan Susno.

Sebelumnya, Mantan Kapolda Jawa Barat itu dikabarkan menyerahkan diri kepada Kejaksaan Agung. Berdasarkan informasi yang diperoleh Okezone, Susno menyerahkan diri di kawasan Cibinong, Jawa Barat.

Susno ditetapkan sebagai buronan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan suap Rp500 juta dalam percepatan penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari (SAL) dan kasus penyelewengan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat yang menguntungkan dirinya mencapai Rp 4,2 miliar.

Terkait hal itu, Susno divonis oleh PN Jakarta Selatan selama 3,5 tahun, denda Rp200 juta, dan uang pengganti Rp4 miliar. Upaya banding dan kasasi yang diajukan Susno ditolak Pengadilan Tinggi DKI dan Mahkamah Agung. Artinya, Susno kembali kepada putusan Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri.

Namun, dalam putusan kasasi MA, Susno menyatakan tidak ada perintah penahanan atau tidak dicantumkannya Pasal 197 ayat (1) KUHAP huruf k. Berdasarkan hal itu, Susno menganggap kasus yang membelitnya batal demi hukum. Di balik pasal tersebut, Susno berlindung dari jerat hukum dan menjadi buronan Kejaksaan Agung (Kejagung). (put) 

Berita Terkait: Susno Dieksekusi

 Sumber: http://news.okezone.com/

Tipe-tipe Opel Blazer dan Kisaran Harga Rondo-nya

Opel Blazer DOHC LT Tahun 2000 (Modif)

Sebagai lanjutan artkel lalu tentang Blazer, kini kita bahas Opel Blazer dari sisi tipe dan harganya yang dikutop dari webnya BIC dan http://www.autocarprices.com. Berdasarkan kelasnya tipe-tipe Blazer dimulai dari urutan terbawah : 


1. Montera LN, spesifikasi Montera tanpa radio/tape + speaker dan jok tanpa baris ketiga

2. Montera, spesifikasi eksterior : – tanpa roof rack – bumper depan dan belakang besi (cat hitam) – tanpa wiper belakang – kaca belakang bening tanpa defogger – velg kaleng – tanpa lis body – tanpa fog lamp – tanpa third brake lamp (lampu rem di atas kaca belakang) spesifikasi interior : – door trim minimalis – tanpa console box – tanpa cockpit panel – jok 3 baris bahan fabric – spion tidak electric – bumper belakang polos (rata)

3. Montera LV, spesifikasi eksterior : sama seperti varian Montera tetapi plus : – bullbar – velg alloy (model varian DOHC) – lis body – third brake lamp spesifikasi interior : sama seperti varian Montera tetapi plus : – console box

4. Montera LS, spek : eksterior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : – two tone colour interior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : – bahan jok ada kombinasi semi kulitnya

5. Montera Sport, spesifikasi eksterior : sama seperti Montera tetapi plus : – over fender – lubang udara di kap mesin – roof rack – bumper depan + belakang sewarna body

6. DOHC, spesifikasi eksterior : – fog lamp – lis body – velg alloy – kaca tinted glass + kaca belakang ada defogger – roof rack – spion electric – bumper belakang ada tekukan spesifikasi interior : – door trim mewah – ada consule box – ada cockpit panel (thermometer, tmpt kaca mata, kompas) – jok 2 baris bahan fabric

7. DOHC LT (luxury touring), spesifikasi eksterior : sama seperti varian DOHC tetapi ada plus : – bullbar – two tone colour – mulai tahun 2002 sekeliling body ada cladding envoy dan model bullbar lebih ‘sopan’ spesifikasi interior : sama seperti varian DOHC tetapi ada plus : – leather seat – ada wood panel (di door trim dan dashboard) – ada luggage cover narasumber: Agriadi Yulianto – milis Blazer_Montera Indonesia
Sementara daftar harge Rondo Blazer update-an terbaru sebagai berikut:

Car Type Year Price (Rp jt) Diff
(Rp jt)
Opel Blazer DOHC 1997 42.0 0.0
Opel Blazer DOHC 1998 47.0 0.0
Opel Blazer DOHC 1999 52.0 0.0
Opel Blazer DOHC 2000 60.0 0.0
Opel Blazer DOHC 2001 65.0 0.0
Opel Blazer DOHC 2002 70.0 0.0
Opel Blazer DOHC 2003 75.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 1997 47.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 1998 52.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 1999 57.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 2000 65.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 2001 70.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 2002 75.0 0.0
Opel Blazer DOHC LT 2002 80.0 0.0
Opel Blazer Montera 2000 56.0 0.0
Opel Blazer Montera 2001 60.0 0.0
Opel Blazer Montera 2002 64.0 0.0
Opel Blazer Montera 2003 68.0 0.0
Opel Blazer Montera LS (Special Edition) 2000 60.0 0.0
Opel Blazer Montera LS (Special Edition) 2001 63.0 0.0
Opel Blazer Montera LS (Special Edition) 2002 66.0 0.0





Catatan: Harga tersebut kondisi mobil Standar, bila sudah di Modifikasi + Variasi, maka harga menyesuaian perubahan yg dilakukan oleh Owner nya.

Sumber: http://2brk.wordpress.com/

Chevrolet Volt juga Bisa “Melindungi dan Melayani”


Tugas utama polisi adalah “Melindungi dan Melayani”. Namun, bagaimana jika polisi ingin berkontribusi dalam kampanye mengurangi polusi udara? Jajaran kepolisian New York City melakukannya dengan melengkapi armada patrolinya dengan mobil dari Chevrolet Volt.



Mobil elektrik dari Chevrolet Volt memperkuat jajaran armada kepolisian New York setahun yang lalu. Sebanyak 50 unit Chevrolet Volt sejak saat itu beratribut polisi lengkap dengan sirene-nya. Keputusan ini diambil oleh Kepolisian New York untuk membantu sekaligus mengkampanyekan pengurangan pencemaran udara, emisi karbon dan konsumsi bensin.

Walikota New York, Michael R. Bloomberg mengatakan bahwa ini adalah penambahan armada kepolisian terbesar yang pernah dilakukan oleh kota New York. “Kami akan terus melakukannya sekaligus memberi pesan kepada penduduk New York bahwa kami juga menggunakan perangkat yang ramah lingkungan demi mendukung pelestarian lingkungan,” kata Bloomberg. Pesan itu, tentunya juga diharapkan menular ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berita mengenai pilihan NYPD terhadap Chevrolet ramai dibicarakan oleh media lokal, termasuk CNN, Autoguide.com, dan USA Today. Mereka pada umumnya menyambut baik pilihan kepolisian New York City untuk tidak hanya berperan sebagai penegak hukum tapi juga menjadi pahlawan bagi lingkungan. “Kami tidak akan berhenti sampai disini. Kami akan terus memberi contoh kepada masyarakat untuk mengambil pilihan-pilihan yang berpihak pada lingkungan,” kata Bloomberg seperti dikutip dari Autoguide.com.

Bloomberg cukup otomatis bahwa pesan yang coba disebarkannya akan bisa diterima masyarakat. “Menurut data, orang-orang sangat menyukai kendaraan elektrik. Tugas kami adalah meyakinkan publik mengenai hal tersebut,” kata Bloomberg.

Saat ini, New York memang sedang diarahkan untuk menjadi kota yang peduli pada lingkungan, sehingga kehadiran kendaraan bertenaga listrik seperti Chevrolet Volt dianggap sebagai padanan yang tepat. “Jika masyarakat ingin mengendarai sebuah kendaraan elektrik kami akan sangat mendukung dengan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan. Ini adalah bagian dari rencana kami untuk mewujudkan kota New York yang lebih hijau,” kata Bloomberg.

Bagi General Motors sendiri, pilihan New York sejalan dengan strategi GM untuk menjawab tantangan semakin berkurangnya cadangan bahan bakar fosil. Selama ini, terkait dengan isu ini, GM menyiapkan dua strategi komprehensif. Strategi tersebut adalah melengkapi mesin tradisional dengan teknologi canggih penghemat bahan bakar. Kedua, pengembangan mobil-mobil berbasis tenaga listrik hybrid, plug-in hybrid, extented-range electric vehicle dan hydrogen fuel cell.

Chevrolet Volt adalah salah satu respon GM untuk menjawab isu motorisasi berkelanjutan di masa depan ini.

Michael Bloomberg 300x199 Chevrolet Volt juga Bisa Melindungi dan Melayani

 
 
Sumber: http://www.chevystory.com/ 

Transformasi Truk Chevrolet 1918 - 2011



Sejak berdiri pada tahun 1911, kehadiran Chevrolet telah ikut membentuk wajah industri otomotif dunia melalui beragam seri kendaraan seperti Corvette yang ikonik maupun Volt yang revolusioner. Namun, reputasi Chevrolet tidak hanya dibangun semata dari mobil sedannya saja, melainkan juga berasal dari jenis mobil pickup yang mulai dikembangkan Chevrolet sejak tahun 1918.
Selama hampir seabad kemudian, truck/pickup Chevy menjadi kendaraan yang memuncaki supremasi kendaraan jenis ini di dunia. Beragam inovasi baik pada segi desain dan teknologi kemudian lahir dan menjadi bagian dari moment penting perjalanan truk-truk Chevy di dunia. Berikut ini adalah transformasi truk-truk Chevrolet tersebut sejak tahun 1918 sampai dengan peluncuran Chevrolet Colorado tahun 2011 lalu.
1. 1918 Chevrolet 490 Half-Ton Light Delivery “Cowl Chassis”

Chevy 1 1920 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Chevy 1918 ini disebut “Cowl Chassis” karena tidak ada pintu atau rangka samping di body mobilnya. Meski demikian, mesin dan bagian depan tertutup. Ini sebenarnya bukan bentuk tidak biasa pada periode sebelum perang dunia pertama ini, ketika saat itu merakit body mobil sendiri sudah dianggap normal. Gambar menunjukkan truk berkapasitas ringan memiliki bagian berkayu untuk membawa penumpang. Saat itu, kendaraan yang sering disebut sebagai Light Delivery Truck ini dijual seharga $595 yang tersedia dengan mesin silinder 2-4. Model lain yang berbobot lebih berat dijual seharga $1125 memiliki mesin 37 hp, dan mampu mencapai kecepatan maksimum 25 mph.
Truk Chevy generasi pertama ini terjual sebanyak 187,103 unit. Sempat melorot karena resesi, penjualan Chevy ini kembali meningkat seiring dengan perjuangan rakyat Amerika untuk memperbaiki kondisi ekonominya.

2. 1925 Chevrolet Half-Ton Panel Van – Brazil

Chevy 2 1925 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011

Alasan mengapa truk asal Brazil berada dalam daftar ini adalah karena sampai saat ini, Brazil merupakan pasar Chevrolet terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Pada tahun 1925, Brazil memproduksi truk pertama Chevrolet yang lalu menjadi awal sejarah jutaan truk di negara tersebut. Model awalnya adalah van berpanel yang dirakit oleh tenaga lokal, dan sampai saat ini kehadiran truk ini di Brazil tetap bertahan dengan kuat.

3. 1937 Chevrolet Half-Ton Pickup

Chevy 3 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Pada awalnya, model truk Chevy ini didesain ulang dengan kasis yang khusus pada tahun 1934 yang kemudian memiliki rangka yang iconic pada tahun 1937. Pada tahun yang sama, mesinnya dilengkapi dengan mesin 6 silinder bertenaga 78 hp. Model tahun 1937 ini sampai saat ini masih banyak dicari kolektor.

4. 1947 Chevrolet Advance-Design Half-Ton Pickup

Chevy 4 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Setelah perang dunia kedua, model Half-Ton didesain ulang sehingga lebih modern, namun versi aslinya masih bisa ditemukan di awal-awal tahun 1947. Perubahannya adalah pada grille depannya, sementara bagian belakangnya tidak berubah sampai awal 1955. Saat itu, munculnya model tahun 1947 meningkatkan rasio penjualan antara mobil dan truk Chevvy yang sebelum Perang Dunia II adalah 4:1 menjadi 2,5:1.

5. 1955 Chevrolet Cameo Pickup

chevy 5 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Pada tahun ini, desain pickup Chevy semakin canggih. Lahirnya Chevrolet Cameo Pickup pada tahun 1955 banyak disebut-sebut sebagai pilihan pria macho, dan menandai transisi dari mobil pickup sebagai kendaraan pendukung pekerjaan menjadi kendaraan untuk mengangkut penumpang. Bahkan strategi pemasaran saat itu menyasar para pemilik bungalow California. Modelnya terus dikembangkan sampai lahir model-model baru pada tahun 1957 dan 1958.

6. 1959 Chevrolet El Camino Passenger-Car Pickup

chevy6 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Ini adalah salah satu pickup Chevy yang memiliki nama dan desain yang bersejarah. Pada tahun ini muncul El Camino yang memiliki sirip yang disukai pada masa tersebut. Pada rentang 1959-1960, El Camino adalah kendaraan Chevy yang paling mencolok. Meski demikian, produksinya sempat rehat selama tiga tahun dan lalu dilanjutkan kembali pada tahun 1964. Kemudian Chevy El Camino ini berlanjut sampai tiga generasi yaitu generasi 1968-1972, 1973-1977, dan 1978-1987.

7. 1967 Chevrolet C-10 Pickup with CST Package

Chevy7 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Ketika El Camino mulai memudar, munculnya Chevy C-10 membantu mempertahankan dan meningkatkan trend kepemilikan truk. Dari tahun 1967 sampai 1972, truk Chevy hadir dengan tampilan yang semakin diperbarui. Bahkan pada saat itu, konsumen bisa mendapatkan bucket seats, yang saat itu masih jarang diberikan pabrikan kendaraan kepada konsumennya. Chevrolet yang satu ini juga didesain untuk mampu menderek.

8. 1973 Chevrolet Suburban with Super Cheyenne Package

chevy8 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Kendaraan ini cocok untuk keluarga besar yang pada tahun 1973 diterima dengan mulus oleh pasar. Berdasarkan model yang didesain ulang dari truk C/K, mobil besar berpintu empat ini mampu memuat 9 penumpang. Pada tahun 1973-1991, kendaraan ini semakin terkenal ketika publik mulai menerima kendaraan bertipe SUV.

9. 1999 Chevrolet Silverado 1500 Extended-Cab Pickup

chevy9 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Silverado ini lahir pada tahun 1999, dan kemudian didesain ulang pada tahun 2007. Keunggulannya adalah pada kerangkanya, namun pemakaian bahan bakar juga diperhatikan. Selain itu, Silverado ini juga banyak mengalami penyempurnaan termasuk pada kapabilitasnya sehingga menjadi salah satu mobil yang paling memuaskan banyak pihak. Bahkan pada tahun 2011, Silverado ini meraih penghargaan “Truck of the Year” dari Motor Trend AS.

10. 2012 Chevrolet Colorado Global Pickup

Chevy10 Transformasi Truk Chevrolet 1918 2011 

Ini merupakan model paling akhir dari pickup Chevy dan diluncurkan bersamaan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Chevrolet di dunia. Thailand, negara dengan kepemilikan pickup terbesar di dunia dipilih menjadi tempat lahir Colorado sebelum akhirnya dipasarkan di 60 negara lain. Merek “Colorado” dipilih untuk mewariskan semangat Chevrolet yang memiliki sejarah panjang dalam pengembangan truk.

 
 
Sumber: http://www.chevystory.com/ 

Kamis, 02 Mei 2013

Mengenal Linux Dan Macam - Macam Distro Linux

Linux Dan Macam - Macam Distro Linux

1
 
Sebelum kita melangkah lebih jauh berbicara mengenai Linux Dan Macam - Macam Distro Linux, kita kenalkan dulu apa itu sebenarnya Linux. Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Trovalds. Sistemnya, perangkat sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
 
SEJARAH LINUX
 
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen-baum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan soft-ware dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya  windows 9.x/NT/2000/ME).

Perkembangan Sistem Operasi Linux - Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh C-Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan  pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun. Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab. Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro).

Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro Linux, diantaranya :

RedHat, distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.

Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan sistem kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk  menggunakan binary RPM dan sampai Slackware 4.0, ia tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.

SuSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat  menggunakan bahasa Indonesia.
 
Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggu-nakan pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake. WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows. Dan masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.
 
Macam - Macam Distribusi Linux
 
 
1
1. Slackware
Distro paling tua, dibuat oleh Patrick Volkerding. Ini mungkin distro linux yang paling mirip UNIX. Paket manager nya pake dpkg dengan akhiran tgz. Rilis pertama adalah Juli 1993, rilis terakhir versi 10.2 performace nya bagus untuk low end komputer, kurang cocok untuk pemula, cocok bagi yang sangat terbiasa dengan unix. turunan nya cukup banyak sekarang ada vector.
 
1
2. Debian 
Distro paling lengkap, dibuat oleh Ian dan cewek nya Debbie jadilan Debian. Didukung oleh paling banyak hacker di dunia, paling banyak paket program nya. Paket manager nya pake apt-get, paket file nya *.deb. Paling cepat update nya, tapi rilis stabil nya paling lelet rilis terakhir "sarge" versi 3r1. Sebanyak 14CD atau 2DVD, source nya sebanyak 15CD, 3DVD. Mendownload cd nya dengan jidgo, jidgo ini akan mendownload paket paket program dan membuat image cd nya di komputer kita. Target nya stabilitas distro, pemakai nya kebanyakan advance user, untuk pemula kurang frienly, banyak tool yang harus diakses dari konsol. Saat ini banyak turunan dari debian contoh terkenal adalah linux live cd knoppix, ubuntu. 
 
1
 3. Redhat 
Pelopor distro linux user frendly, dibuat oleh Alan Cox. redhat yang menciptakan paket manager rpm, saat ini ada paket manager yup, dan apt-get untuk redhat. Target nya untuk pemula sampai advance user. Redhat juga yang membuat proyek Gnome. Turunan nya banyak sekali contoh nya adalah Mandriva, Fedora dll. Saat ini Redhat fokus untuk komersial untuk enterprise Linux, sedangkan untuk komunitas ada Fedora. Btw sebenarnya orang orang nya dia-dia juga. Paket source dari Redhat sebenarnya free, jadi banyak yang porting dari RPMS redhat menjadi Distro lain contoh nya adalah CentOS, Tao, Whitebox. 
 
1
4. SuSE/Novell 
Distro ini dikembangkan di eropa, jerman tepatnya, target user nya pemula sampai advance, dulu nya SuSE tidak menyediankan iso image untuk di download, jadi kalau mau install konek internet, download disket boot dan install langsung dari Internet, maklum aja di eropa jaringan internet nya udah kenceng sampe ke rumah. Saat ini SuSE dibeli oleh Novell, berkerja sama juga dengan Sun Microsystem, sehingga desktop default nya solaris 10 adalah gnome. Baru baru ini saja Suse mengeluarkan versi OpenSuSE yang bisa di download iso image nya. 
 
 
1
5. Mandriva 
Distro paling user frendly ini dikembangkan di Prancis, Dahulu nama nya Mandrake tapi karena ada masalah lisensi nama, kemudian ganti nama menjadi mandriva setelah mengakuisisi Conectiva. Memakai paket mamager RPM, dan oleh mandriva di kembangkan menjadi urpmi. Target user nya pemula sampai advance, banyak dipakai untuk desktop. Yang baru pemula sungguh enak sekali pakai mandriva, karena instalasi nya mudah, pengenalan hardware nya bagus. Default dekstop nya adalah KDE 
 
1
6. Gentoo 
Distro ini menyediakan compile di tempat. Artinya anda bisa mengoptimalkan distro linux untuk pc anda, pembuat nya (sory lupa) pernah menjadi developer freebsd. Kemudian membuat paket manager yang mirip dengan freebsd untuk gentoo. sory gue gak bisa komentar banyak belum pernah install gentoo soalnya. 
 
1
7. Knoppix 
Distro paling asik deh, soalnya enggak perlu install ke hardisk, cukup masukan cd nya dan boot ke cd. Dikembangkan dari debian, sehingga paket debian bisa di install ke knoppix, bisa di install ke hardisk. Guna nya cukup banyak misalnya untuk demo program, sarana belajar linux dengan cepat. Bagi pemula yang takut install linux lebih baik belajar pake Knoppix. Yang pembuat nya dari Jerman Klaus Knopper. 
 
1
8. Ubuntu 

Distro baik hati, bayangin dia bagi bagi CD gratis kei seluruh dunia. Pasti uang nya juga lumayan terutama ongkos kirim nya. dikembangkan dari debian & knoppix, ada dua versi live cd atau install. paket debian bisa langsung di install di Ubuntu. 
 
 
1
9. Mepis & Xandros 
Ini distro yang mudah di install, menyertakan paket yang instant misalnya flash, java, acrobat reader, mplayer, quicktime, nvidia driver sudah include ada di sini. Fedora, Mandriva free download, opensuse, belum menyertakan paket tersebut. Dkembangkan dari debian 
 
10. linux lain lain 
Bnyak lagi linux yang lain ada ratusan distro coba lihat refrensi link di atas dengan terget nya macam-macam, tapi yang pasti linux itu program program nya sama saja, yang berbeda cara paket nya, instalasi nya. kalau sudah masuk konsol pasti rasanya mirip mirip.
 
Kelebihan Linux
Kelebihan dari sistem operasi Linux dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain, antara lain:
 
  • Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
  • Ketika program dijalankan, program dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.
  • Linux menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file. 
  • Linux mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
  • Linux adalah salah satu sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan. Selain multitasking, Linux juga dapat mendukung multiuser, yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan Linux juga mendukung multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan memungkinkan lebih satu user masuk ke dakam sistem.
  • Linux adalah Sistem Operasi berbasis Open Source, Open Source sendiri yaitu suatu program yang tidak berbayar alias gratis
 Sumber Referensi :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
  • http://www.sarjanaku.com/2012/11/sejarah-linux-kelebihan-dan.html
  • http://scythebolank.blogspot.com/2012/06/macam-macam-distro-linux-dan.html 
  • http://blog.unikom.ac.id/

Membersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Mudah

Membersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Mudah

Mobil Anda Ketika Hujan Sapuan Wiper tidak bekerja dengan Maksimal?
Kaca sudah dibersihkan tetapi tetapi tidak bersih?
Ketika Malam tiba Sorot Lampu dari Mobil Lawan Arah mengganggu Bias Kaca?

Bila jawabnya ya Waspadalah Kaca anda terkena Jamur.
Jamur kaca tidak akan hilang dengan pencucian memakai sabun/ deterjen biasa

Jamur harus memakai obat poles Khusus, ( tentunya berharga mahal, belum lagi melibatkan cairan yang sangat keras bagi kaca, salah membaca petunjuk dan salah mengaplikasikannya kedalam kaca mobil anda maka ................ (silahkan isi sendiri)

Tapi Tidak Perlu Panik Ada Solusi Mudah dan Murah.

Kalau berminat Silahkan teruskan membaca artikel ini.


alat dan bahan
1. Alat Dan Bahan

Alat dan Bahan: gambar 1
  • Batu Hijau ( bisa dibeli Toko toko Cat, lihat seperti gambar)
  • Sedikit bensin/ premium
  • Mangkok Kecil 
  • Sendok
  • Lap yang bersih
Cara Kerja:
Batu hijau
2. Gerus Batu Hijau memakai sendok
  • Kita Gerus Batu Hijau dengan memakai sendok sehingga menjadi serbuk serbuk. Banyaknya Serbuk sesuai dengan kebutuhan bidang kaca yang akan kita bersihkan. gambar 2
  • Lalu kita tampung dalam Mangkok yang sudah tersedia, lalu kita Encerkan sedikit dengan Bensin. lalu dengan bantuan sendok kita larutkan sehingga menjadi cairan yang kental.
  • encerkan dengan bensin
    3. Encerkan dengan sedikit Bensin
  • Setelah menjadi cairan mengental seperti yang kita inginkan, cairan tersebut telah siap kita bergunakan sebagai poles kaca. gambar 3
  • Lalu dengan bantuan Lap kita oleskan kebidang kaca yang berjamur. Pertama Kita Oleskan secara tipis lalu gosok dengan lembut ( menekan lap ngak usah terlalu keras keras) gambar 4
  • Setelah olesan merata. kemudian gosok dengan lembut permukaan kaca memakai lap yang sudah tersedia. Gosok sampe semua bahan poles tersebut hilang dan Kaca sudah menjadi bersih dan mengkilat. gambar 5
  • Rasakan Beda antara yang sudah digosok dengan yang belum. gambar 6
5. Gosok dengan lembut
4. Oleskan keatas Kaca 

6. Kacapun sudah halus jamurpun hilang
Semoga Bermanfaat

Sumber:  http://yamatoikwan.blogspot.com/

Rabu, 01 Mei 2013

May Day, 10 Kendaraan Lapis Baja Siaga di Depan Istana

Presiden SBY hari ini tak di Istana Negara, Jakarta.


Unjuk rasa buruh

VIVAnews – Sepuluh kendaraan lapis baja milik aparat kepolisian pagi ini, Rabu 1 Mei 2013, disiagakan di depan pagar Istana Negara. Di depan kendaraan lapis baja itu, belasan sepeda motor trail dan ratusan anggota Brimob bersenjata lengkap tampak berbaris rapi.

Semua itu untuk mengamankan aksi unjuk rasa buruh yang digelar dalam rangka Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada hari ini. Sejak pagi, aparat polisi sudah siap mengawal aksi buruh yang rencananya akan mendatangi Istana Negara.

Satu ruas jalan tepat di depan Istana Negara kini telah ditutup kawat berduri. Tinggal satu lajur yang dekat dengan Monas masih dibuka. Sejauh ini, arus kendaraan di sekitar kawasan Istana atau Jalan Medan Merdeka masih padat lancar. Tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Sementara di Bundaran HI di mana massa buruh juga akan terkonsentrasi melakukan aksi, ratusan buruh baru berkumpul di sekitar kawasan Kebon Kacang. Mereka masih mempersiapkan diri. Rencananya ada ribuan buruh yang turun ke jalan-jalan DKI Jakarta hari ini.

Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri hari tak tak berada di Jakarta. Ia berkunjung ke PT Maspion dan Unilever di Jawa Timur. Di sana, SBY akan mengumumkan tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional. Penerapan hari libur itu akan mulai diterapkan tahun depan. (umi)

BERITA TERKAIT:

Buruh Akan 'Cegat' SBY di Pintu Masuk Kota Surabaya

Sumber: http://metro.news.viva.co.id/

Orangtua Anik Laporkan Eyang Subur Dengan Pasal Berlapis

Eyang Subur


Kapanlagi.com - Kasus perseteruan antara Eyang Subur dengan Adi Bing Slamet dan Arya Wiguna semakin melebar. Kali ini giliran keluarga salah satu istri Eyang Subur yang bernama Anik meminta anaknya dikembalikan.
Sebelumnya orangtua Anik, Ade Junaedi dan Lilis mendatangi Komnas Perempuan meminta dukungan dari lembaga yang memperhatikan perempuan.  Setelah dari Komnas Perempuan, orangtua Anik beserta rombongan menyambangi Polda Metro Jaya guna melaporkan tindakan Eyang Subur yang diduga telah melakukan perzinahan.



 "Saya datang melaporkan Subur, anak saya masih di rumah Subur. Saya tak pernah menjadi wali nikah dalam pernikahan mereka. Ini perlu tindak lanjut," kata Ade di SPK Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/4).
"Saya sudah melaporkan kamu!!!" tegasnya sambil berteriak seolah ada Subur di hadapannya.
Ade melaporkan Eyang Subur dengan pasal berlapis, yaitu 332 ayat 1 dan pasal 279. Dengan ancaman hukumannya diatas 10 tahun. "Pasal 332 ayat 1 ancaman 7 tahun dan Pasal 279 penggelapan atas asal usul perkawinan, ancaman 5 tahun," pungkas Fachmi Bachmid kuasa hukum keluarga Anik. (kpl/hen/abs/phi)


Sumber: http://www.kapanlagi.com/