Sabtu, 15 Juni 2013

Bolehkah Ban Isi Nitrogen Dicampur Angin Biasa?


 
Pengisian angin ban dengan nitrogen sudah tak asing lagi bagi pemilik kendaraan. Namun, beberapa pemilik mobil masih was-was jika di tengah jalan angin bannya berkurang. Apakah boleh dicampur angin biasa?

"Boleh saja, tidak ada pengaruhnya terhadap ban yang dipakai. Hanya saja khasiatnya hilang. Seumpama nanti mau pakai nitrogen lagi, ya dikuras dulu," ujar Yopi Karuci, pemilik toko ban dan pelek SM Motorsport di Jln. Panjang, Kebun Jeruk, Jakbar.



Hal senada disampaikan Bambang Setyono, General Manager bengkel Nawilis. Ia menambahkan, nitrogen yang sudah tercampur dengan angin biasa, bukan lagi nitrogen murni. "Kalau mau isi nitrogen lagi, ban harus dikempiskan dan divakum. Atau dibilas (diisi angin nitrogen lalu dikeluarkan lagi sampai bersih)," katanya.
"Sebenarnya angin nitrogen hampir sama dengan udara biasa di sekitar kita. Udara di sekitar kita kan terdiri dari 70% nitrogen, 20% oksigen dan 10% gas lain," jelas Bambang.

Pembentukan angin nitrogen murni setelah melalui proses penyaringan. Uap air dan oksigennya dihilangkan. Uap air yang ada pada angin biasa dapat menyebabkan pelapukan pelek.

"Oksigen bisa merusak anyaman baja di ban yang menyebabkan oksidasi, sehingga baja jadi karatan. Ini akan menimbulkan ban cepat benjol," tutur Bambang.

Nitrogen yang mempunyai sifat dingin, molekulnya lebih besar dari oksigen sehingga sulit untuk menembus pori-pori di ban. Ini membuat ban jadi tahan lama atau awet. Selain itu, "Jika pakai nitrogen, udara di dalam ban susah memuai alias lebih stabil," imbuh Yopi.

Keduanya kompak menyarankan lebih baik ban kendaraan diisi angin nitrogen. Hanya memang, jika dalam kondisi darurat dan ban isi nitrogen dicampur angin biasa, khasiat yang dimiliki angin nitrogen hilang.

Jadi, jangan ragu isi angin ban dengan nitrogen. Banyak manfaatnya.

Sumber: http://mobil.otomotifnet.com

Kamis, 13 Juni 2013

Status Hukum Ari Wibowo jadi Korban, bisa Bebas dari Jerat Hukum

http://images.detik.com/content/2013/06/13/230/214017223939_ariwibowodalem.jpg

Jakarta - Polisi menemukan bukti baru berupa rekaman CCTV dalam kasus kecelakaan yang dialami artis Ari Wibowo. Status hukum bintang sinetron 'Terlanjur Sayang' itu pun berubah dari tersangka menjadi korban.

Hal itu diungkapkan oleh Kasubdit Gakum Dirlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono kepada wartawan saat ditemui usai melakukan olah TKP di Jalan Wolter Mangonsidi, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2013).

Menurut Hindarsono, bukti itu memperlihatkan bahwa Ari di posisi yang benar. "Ada bukti rekaman. Ternyata saat kejadian, beliau, pejalan kaki ini, lari membelakangi jalan. Mas Ari pada jalurnya, jadi akhirnya tertabrak. Jadi sudah jelas ada titik terang bagaimana yang bersalah atau tidak," ungkapnya.

Korban yang ditabrak Ari, seorang kakek bernama Charmadi (80) telah meninggal di RSPP, Rabu (12/6/2013) malam sekitar pukul 23.32 WIB. Menurut Hindarsono, Ari bisa dipastikan akan bebas dari jerat hukum.

"Kalau korban meninggal suatu proses hukum penyidikan akan dihentikan," tandasnya. Sebelumnya, Ari menjadi tersangka dan dijerat pasal Pasal 106 Ayat 2 dan Pasal 310 Ayat 3 dengan hukuman maksimal 5 tahun penjara.

(bar/mmu) 

Sumber: http://hot.detik.com

Perbandingan / Komparasi Mobil SUV di Tanah Air





Perbandingan / Komparasi Mobil SUV di Tanah Air
Kapasitas Mesin, Jarak Sumbu Roda, Panjang, Lebar dan Tinggi. 
SUV (Super Utility Vehicle)



1. OPEL/CHEVROLET BLAZER
Engine
4.3 L (262 cu in) Vortec 4300 V6
2.2l 4-cylinder inline Petrol (Indonesia only)
Wheelbase

2-Door: 100.5 in (2,553 mm)
4-Door: 107.0 in (2,718 mm)
Length
2-Door: 174.7 in (4,437 mm) - 177.3 in (4,503 mm)
4-Door: 181.2 in (4,602 mm) - 188.8 in (4,796 mm)
Width
67.8 in (1,722 mm)
Height
64.2 in (1,631 mm) - 67.0 in (1,702 mm)


2. TOYOTA FORTUNER
Engine
2.7 I4 L, 4.0 V6 L. 4.6 V8 L, VVT-i and Dual VVT-i Gasoline
2.5 I4 L and 3.0 I4 L and 4.5 V8 D4-D Diesel
Wheelbase
2,750 mm (108.3 in)
Length
4,710 mm (185.4 in)
Width
1,840 mm (72.4 in)
Height
1,790 mm (70.5 in) (without roof rail)



3. MITSUBISHI PAJERO
4M40 2.8L TD I4
4M41 3.2L Di-D inline 4 cylinder
6G72 3.0L V6
6G74 3.5L V6
6G75 3.8L V6
Wheelbase
4-Door: 2,780 mm (109.4 in)
2-Door: 2,545 mm (100.2 in)
Length
4-Door: 4,900 mm (192.9 in)
2-Door: 4,385 mm (172.6 in)
Width
2007-09: 1,895 mm (74.6 in)
2010-Present: 1,875 mm (73.8 in)
Height
2007-09 4-Door: 1,900 mm (74.8 in)
2007-09 2-Door: 1,880 mm (74.0 in)
2010-Present 4-Door: 1,890 mm (74.4 in)
2010-Present 2-Door: 1,840 mm (72.4 in)



4. NISSAN X-TRAIL
Engine
2.0 L MR20DE I4
2.5 L QR25DE I4
2.0 L M9R Diesel Engine I4
Wheelbase
103.5 in (2,629 mm)
Length
2008-2010: 182.3 in (4,630 mm)
2011: 4,640 mm (182.7 in)
Width
2008-2010: 70.7 in (1,796 mm)
2011-: 1,806 mm (71.1 in)
Height
2008-2010 2WD: 66.5 in (1,689 mm)
2008-2010 4WD: 69.7 in (1,770 mm)
2011- 2WD: 1,699 mm (66.9 in)
2011- 4WD: 1,780 mm (70.1 in)


5. HONDA CRV
Engine
2.4 L K24Z I4
2.0 L R20A I4
Wheelbase
103.1 in (2,619 mm)
Length
178.3 in (4,529 mm)
Width
71.6 in (1,819 mm)
Height
65.1 in (1,654 mm)


6. HYUNDAI SANTA FE
Engine
2.4 L Theta II MPI I4 174hp
2.4 L Theta II GDi I4 190hp
3.3 L Lambda II MPI V6 267hp
3.3 L Lambda II GDi V6 290hp
2.0 L Theta II Turbo I4 264hp
2.0L CRDI VGT R-Line I4 diesel 148hp
2.2L CRDI VGT R-Line I4 diesel 200hp
Wheelbase
SWB: 106.3 in (2,700 mm)
LWB: 2,800 mm (110.2 in)
Length
SWB: 184.6 in (4,689 mm)
LWB: 4,905 mm (193.1 in)
Width
74.0 in (1,880 mm)
Height
SWB: 66.1 in (1,679 mm)
LWB: 1,690 mm (66.5 in)



Sumber: Wikipedia



Shortcut to Facebook Emoticon & Symbol

Facebook merupakan situs jejaring sosial yang sangat populer. Salah satu keunggulan Facebook adalah banyaknya fitur yang ditawarkan. Sering chat menggunakan Facebook? Tentunya Anda sudah pernah melihat smiley/emoticon (emotion + icon) pada fitur chat situs tersebut. Jika Anda pengguna program chat/instant messenger yang lain tentunya Anda tahu bahwa emoticon pada chat Facebook sangat terbatas. Atau tepatnya berbeda. Berikut adalah list emoticon yang terdapat pada Facebook:

Emoticon Name Shortcut
smile smile : – ) : ) :] =)
tongue tongue : – P : P :-p :p =P
wink wink ; – ) ; )
grin grin : – D : D =D
curlylips curly lips :3
kiss kiss :-* :*
grumpy grumpy >:( >:-(
glasses glasses 8 – ) 8 ) B-) B)
sunglasses sunglasses 8-| 8| B-| B|
upset upset >:O >:-O >:o >:-o
confused confused o.O O.o
shark shark (^^^)
gasp gasp :-O :O : – o : o
pacman pacman :v
squint squint -_-
devil devil 3:) 3:-)
unsure unsure :/ :-/ :\ :-\
frown frown : – ( : ( :[ =(
cry cry :'(
putnam Chris Putnam* :putnam:
robot robot : | ]
heart heart <3
angel angel O:) O:-)
kiki kiki ^_^
* Chris Putnam adalah salah satu software engineer Facebook.
 
Beberapa shortcut emoticon saya tambahkan spasi diantara karakternya, karena blog ini secara otomatis mengubahnya menjadi smiley.
 
Selain itu Anda juga dapat memasukkan simbol, walau ada trik tersendiri untuk memasukkan simbol:

Pada desktop PC:
  • Tekan & tahan tombol Alt pada keyboard.
  • Sambil menekan tombol Alt masukkan Kode berikut untuk menampilkan simbol yang sesuai.
Anda harus menggunakan angka pada sisi kanan keyboard untuk memasukkan kode, bukan angka-angka di atas abjad, atau simbol tidak akan muncul.

Pada laptop/notebook:
  • Tekan & tahan tombol Alt pada keyboard.
  • Sambil menekan tombol Alt, tekan & tahan tombol Fn.
  • Sambil menekan tombol Alt dan Fn masukkan Code berikut untuk menampilkan simbol yang sesuai.
Anda harus menggunakan angka yang terdapat pada bagian abjad keyboard (biasanya angka ditulis disamping abjad pada satu tombol, misalkan U,I,O,J,K,L,M dan warnanya berbeda), bukan angka pada sisi atas, atau simbol tidak akan muncul.

Berikut adalah kode yang dapat digunakan:
fb_symbol

Sumber:  http://www.blaszta.com/blog/2009/08/facebook-emoticon-symbol/

GALOW IT 2013 #10 DI KUNINGAN

SEMINAR NASIONAL IT TERDAHSYAT 2013
GALOW IT #10 KUNINGAN

OPEN BTS "Membongkar Rahasia Teknologi Seluler".
NETWORK SECURITY "Mengungkap Rahasia Kerja Hacker dan Cracker"

Pembicara:
- Dr. Onno W. Purbo
- Gildas Deograd

Waktu: Rabu, 12 Juni 2013... Pukul 13.00 - 17.00 WIB
Tempat: GOR Ewangga Kuningan


Sebelum Pembicara menyampaikan Materinya, acara dimulai dengan (berurutan):
- Sambutan Ketua Panitia,
- Sambutan Ketua Relawan IT Jawa Barat,
- Pengukuhan Relawan IT Kuningan,
- Sambutan dari Kementrian KomInfo (Pak Bambang)

- Pembicara 1 (Pak Gildas Deograd) yang seharusnya memberi materi dari jam 13 - 14, karena acara dimulai jam 13 lebih banyak, maka beliau hanya menyampaikan materi sekitar 15menit... beliau memberikan alamat untuk berkomunikasi dengannya via internet.

- Pembicara 2 (Pak Onno W. Purbo) power full menjelaskan Teoritis dan Praktek mengenai Open BTS, Hardware dan Software (berbasis Linux Ubuntu 13.04) secara lengkap dan terperinci. 
Teknis dan Operasional banget... termasuk anggaran dana yg dibutuhkan bila mau membuatnya.


Sekilas yg saya tahu mengenai Pak Onno:
Saya tahu keahlian IT beliau mulai ketika saya sebagai mahasiswa teknik elektro di ITENAS Bandung, sekitar tahun 1990 kami dari ITENAS mengembangkan Komunikasi Data antara Komputer di HME ITENAS ke HME ITB... menggunakan media komunikasi pesawat 2M (HT ICOM).
Pak Onno lah yg membimbing dan mensupport rekan2 Mahasiswa ITB mengembangkan sistem tersebut, kemudian berbagi dengan kami.


Bagi rekan2 yang tidak sempat datang untuk hadir/ikut Seminar tersebut... berikut ini saya tampilkan foto2nya.












































Sumber Foto: Pribadi (Rudy Hermawan) Menggunakan Kamera Digital FujiFilm