Selasa, 30 Desember 2014

10 Tips Mengemudi Agar Selamat

10 Tips Mengemudi Agar Selamat


JAKARTA - Jalan raya di Indonesia disebut oleh sejumlah orang sebagai medan pembantaian. Dalam laporan akhir tahun 2013 KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) menyatakan setiap hari terjadi sekitar 235 kecelakaan jalan raya dengan sekitar 59 meninggal dunia.
Sebagai pengguna jalan dan pengemudi mobil, kita dituntut disiplin dan memegan teguh prinsip keselamatan berkendara safety driving. Berikut ini beberapa tips mengemudi dari The National Roads & Motorists' Association Australia:
  1. Waspada. Anda harus waspada setiap saat terhadap apa yang terjadi di seputar Anda. Hal ini berlaku untuk semua tingkatan pengemudi.
  2. Mengamati jalan. Banyak kecelakaan terjadi karena para pengemudi hanya melihat kendaraan di depan mereka. Selalu mengamati jalan di depan dan sekitar mobil, guna mengantisipasi kecelakaan.
  3. Zona penyangga: Butuh jarak 13 meter untuk menghentikan mobil berkecepatan normal hanya 48 km / jam; bahkan mobil perlu lebih jika ban Anda berada di bawah performa, jalan basah atau licin. Anda harus membuat jarak (ruang) yang cukup antara mobil Anda dan mobil di depan. Tambah ruang pada kecepatan yang lebih tinggi.  
  4. Mengemudi di tengah hujan, malam, angin kencang, silau, malam, lintasan kerikil, bisa menimbulkan ancaman tak terduga. Pelan-pelan, selalu berkendara dalam zona nyaman Anda dan amati rambu-rambu di jalan; mereka ada di sana untuk suatu tujuan.   
  5. Untuk menghindari blind spot saat Anda pindah jalur, Anda harus selalu memeriksa situasi di luar mobil dengan menoleh lebih dahulu. Juga, guna mengurangi blind spot, Anda harus membuat kedua cermin samping menyajikan pandangan samping yang baik.
  6. Jangan mengemudi dalam keadaan ngantuk, mabuk, atau terpengaruh obat-obatan.
  7. Rencanakan rute Anda karena jika Anda tidak mengenali atau bingung dengan lintasan yang sedang dilalui akan membuat ruang   kesalahan semakin terbuka.  Mengemudi dengan kecepatan rendah akan membantu Anda menyerap lingkungan yang asing dan membuat Anda lebih percaya diri.
  8. Berkendara di malam hari berarti visibilitas berkurang sehingga berbahaya. Perlambatlah jika Anda bermasalah dengan penglihatan dan hujan. Juga, geserlah pandangan Anda dari sorotan lampu dari kendaraan berlawanan arah serta aturlah spion pandangan-belakang  (rear-view mirror) agar Anda tidak silau karena sorotan lamu kendaraan belakang.
  9. Ketika Anda melaju di jalan luar kota yang sepi, jangan tergoda dengan kelengangan lalu lintas karena Anda tak akan pernah tahu akan ada kejutan apa, misalkan hewan/orang/kendaraan menyebrang. Tetap patuhi rambu-rambu.
  10. Kenakan sabuk keselamatan secara benar.  [Adi/Idr]]
Sumbner: http://www.mobil123.com/berita/10-tips-mengemudi-agar-selamat/645

Tidak ada komentar:

Posting Komentar